Assalamualaikum wrwb
Salam sejahtera bagi kita semua
Kali ini saya akan memberikan sebuah tutorial yang sebelumnya diajarkan oleh bapak Dolly Virgian Shaka Yudha Sakti.
Kita akan membuat sebuah interaksi antar objek, yaitu membuat sebuah objek tersebut bergerak bersamaan satu sama lain.
Perlu diketahui, ada beberapa cara yang bisa dilakukan sebuah script untuk berinteraksi dengan GameObject, diantaranya:
1. Pasang script langsung pada object.
2. Pasang script pada object lain, lalu menggunakan fungsi untuk mencari object yang dituju.
Hal yang dilakukan pertama kali ialah buatlah Project baru dengan nama InteraksiObject
Setelah itu tambahkan 3D Object (disini saya menggunakan Kubus sebagai object) dengan cara klik menu GameObject -> 3D Object -> Cube.
Setelah kita berhasil menambahkan kubus Posisikan Cube agar berada di depan kamera. Salah satu caranya: drag panah warna biru untuk pergeseran posisi z, warna merah untuk posisi x, dan warna hijau untuk posisi y
Lalu buatlah tiga kubus yang sama dengan cara dengan duplikasi object (Ctrl+D), atau dengan klik kanan pada Cube di Hierarchy dan pilih Duplicate, sehingga terdapat empat buah kubus
Atur keempat posisi kubus tersebut agar terlihat berbaris didepan kamera caranya bisa dengan mengatur koordinat pada Transform (Inspector) atau drag menggunakan gizmo.
Selanjutnya ialah kita akan membuat sebuah Tag baru dengan cara klik salah satu game object manapun, lalu pada tab Inspector klik Tag->Add Tag..->beri nama "Kotak1"-> Save
Pilih Kubus4 pada Hierarchy dan ganti tag nya pada inspector menjadi "Kotak1". kenapa kubus4? karena saya akan menggunakan kubus4 pada script saya nanti.
Berikutnya ubah proyeksi MainCamera (pada Inspector) menjadi Orthographic dan size menjadi 2.
- Perspective : ini sama seperti dalam kehidupan kita, misalnya kamera atau mata kita yang melihat alam ini, arah pandang kamera menyebar, sehingga semakin jauh benda terlihat semakin mengecil. Lihat kubus saat proyeksi kamera perspective mengecil bukan?
- Orthographic : ini sama seperti gambar blueprint, sketsa gambar arsitektur (yang bukan 3D), scanner, dll. arah pandang kamera lurus dan paralel, sehingga semakin jauh benda tetap terlihat sama seperti yang dekat. Lihat kubus saat proyeksi kamera orthographic baik dekat maupun jauh ukurannya sama bukan?
Langkah selanjutnya ialah membuat folder, agar asset, objek maupun script dapat tertata rapih dengan cara klik kanan pada Assets, pilih Create -> Folder->Kita berinama Script.
Selanjutnya kita membuat file Script C# pada folder yang kita buat tadi dengan cara Klik kanan pada folder Script->Create->c# Script->beri nama ScriptKubus.cs dan edit file menjadi seperti berikut.
Pembahasan Code
Baris 7 : berisi 4 variabel boolean yang akan mengatur baris mana saja yang akan aktif pada fungsi Update().
Baris 13: baris ini akan memutarkan kubus yang dipasangi script. Misalnya, script ini dipasang di Kubus1, maka Kubus1 yang akan berputar, jika script dipasang pada Kubus2, maka Kubus2 akan berputar
Baris 14: baris ini akan memutarkan sebuah kubus yang memiliki nama tertentu menggunakan fungsi Find().
Baris 15: baris ini akan memutarkan sebuah kubus yang memiliki tag tertentu menggunakan fungsi FindGameObjectWithTag().
Baris 16: baris ini akan memutarkan sebuah instansiasi GameObject yang didaftarkan oleh user berdasarkan input dari GameObject tertentu yaitu melalui parameter Pilih Objek.
Baris 13: baris ini akan memutarkan kubus yang dipasangi script. Misalnya, script ini dipasang di Kubus1, maka Kubus1 yang akan berputar, jika script dipasang pada Kubus2, maka Kubus2 akan berputar
Baris 14: baris ini akan memutarkan sebuah kubus yang memiliki nama tertentu menggunakan fungsi Find().
Baris 15: baris ini akan memutarkan sebuah kubus yang memiliki tag tertentu menggunakan fungsi FindGameObjectWithTag().
Baris 16: baris ini akan memutarkan sebuah instansiasi GameObject yang didaftarkan oleh user berdasarkan input dari GameObject tertentu yaitu melalui parameter Pilih Objek.
Setelah kita edit file script nya, pasang file script tersebut pada Kubus1 dengan cara drag and drop file script tersebut ke Kubus1 pada Hierarchy
Centang pilihan Cube 1 pada tab inspector Kubus1
Lalu Jalankan game tersebut. Jika tidak ada error maka hasilnya akan seperti ini
Selanjutnya ketik “Kubus2” pada parameter Pilih Kubus dan centang Cube 2. Maka hasilnya akan seperti ini
Berikutnya ketik “Kotak1” pada parameter Pilih Tag dan centang Cube 3.
Selanjutnya klik browse (tombol bulat kecil) pada parameter Pilih Objek, pilih tab Scene dan pilih Kubus3, lalu centang Cube 4.
Maka jika kita jalankan akan seperti ini
Terakhir apabila kita ingin membuat semua kubus tersebut bergerak bersama satu sama lain, ialah dengan cara centang cube1,cube2,cube3,cube4, lalu ketik "Kubus2" pada parameter Pilih Kubus, ketik "Kotak1" pada parameter Pilih Tag, Selanjutnya klik browse (tombol bulat kecil) pada parameter Pilih Objek, pilih tab Scene dan pilih Kubus3. Kurang lebih seperti ini
TARAAAAA MAKA HASILNYA SEMUA KUBUS AKAN BERGERAK SATU SAMA LAIN SEPERTI DIBAWAH INI
Sampai disini dulu tutorial kali ini, jika ada kekurangan maupun kesalahan mohon maaf sebelumnya. See u next !
Enjoy Read :)
No comments:
Post a Comment